Salam Tempel

Waktu gue kecil, saat lebaran selalu minta dibelikan baju lebaran yang ada kantongnya, kalau bisa yang kantongnya lebih dari satu. Tujuannya, supaya kantong baju itu bisa nyimpen banyak uang hasil salam tempel. Tradisi lebaran di kampung gue dulu waktu kecil anak2 sepantaran jalan bareng ngunjungi rumah ke rumah untuk bersilaturahmi sekaligus ngarep salam tempel dari penghuni rumahnya. Berhubung saat itu gak terlalu banyak rumah yang ada di kampung kami, maka gak sampe satu jam sudah selesai semua rumah dari girang ke hilir.
Dan setelah itu sibuklah kita2 berkelompok menghitung hasil salam tempel yang di dapat.
Sekarang kalo di inget2 kok memalukan banget ya, tujuan silaturahmi buat salam tempel hahaha.. dan lebih memalukan lagi kadang gue pernah iseng dan sedikit licik ikut rombongan lain lagi datang ke rumah yang sama hehehe..dasar anak2 tapi koq ya sekarang saat sudah tua dan sudah bisa memberi tempelan pada anak2 kecil gue malah rindu suasana itu. Untungnya kemarin saat ke kampung bokap, alhamdulillah gue masih bisa ngasih salam tempel anak2 saudara2 yang ada di kampung meskipun gue gak sempat menyaksikan gerombolan anak2 bersilaturahmi dari rumah ke rumah. Gue sempet tanya ke bi Hindun, gerombolan anak2 yang datang dari rumah ke rumah masih ada gak ? ternyata masih ada.. duh sayang gak bisa ngasih liat Seno dan Della gimana rasanya ikut jadi peserta gerombolan penerima salam tempel.Tapi Seno dan Della sempet di kasih salam tempel oleh salah satu saudara gue yang bagi bagi rejeki ke anak2 kecil, dan Seno bingung tanya ke yang kasih uang ‘ ini untuk apa kasih Seno uang, Seno belum perlu uang’ Dan di kembalikannya uang pemberian itu.. gue yang bengong sambil bilang, ambil aja Sen, itu rejeki Seno, kan lumayan buat beli mainan.. ( dasar emaknya mata duitan ya..).
Akhirnya Seno dan Della mau juga terima salam tempelnya.. dan tetep diberikan kembali ke Ibunya… duh dasar anak gue gak pada ngerti duit..

Advertisements

12 responses to “Salam Tempel

  1. Teh icho…mun saya karumah berlebaran dapet salam tempel teu ti Teh Icho….hihihi…*ngarep.com*

  2. Asik yah lebaran masa kecil. Kalo saya mah gak ngider, tapi yg ngasih duitnya paling sodara2 yang pada dateng ke rumah, jadi ‘hasil’nya cuma dikit :DNgomong2 duit, Dzaki juga belom terlalu ngerti duit nih. Waktu disunat taun kemaren, banyak yang ngasih duit dia malah bingung ‘kok aku dikasih uang?’ katanya

  3. yusys said: Teh icho…mun saya karumah berlebaran dapet salam tempel teu ti Teh Icho….hihihi…*ngarep.com*

    hehehe.. nu ditempelkeun na benten nya teh..

  4. fadhilaharif said: Asik yah lebaran masa kecil. Kalo saya mah gak ngider, tapi yg ngasih duitnya paling sodara2 yang pada dateng ke rumah, jadi ‘hasil’nya cuma dikit :DNgomong2 duit, Dzaki juga belom terlalu ngerti duit nih. Waktu disunat taun kemaren, banyak yang ngasih duit dia malah bingung ‘kok aku dikasih uang?’ katanya

    Iyah.. itu sebabnya sampe sekarang yg paling antusias menyambut lebaran itu para anak kecil ya..hihi.. Dzaki jangan di kenalin duit dulu ah.. bisa siga indung na

  5. jadi pengen deh dapet salam tempel lagi..:D

  6. mutiarasemu said: jadi pengen deh dapet salam tempel lagi..:D

    hehehe.. TDA kan lebih bagus may….

  7. mutiarasemu said: TDA apaan mba? 😀

    Tangan Di Atas hehe

  8. Hehehehe…. aduuh… bener banget bu… dulu mah ngarep salam tempelnya aja yaa…. 🙂

  9. 2A dpt salam tempel gak Teh ? :Dkemarin anak2 juga dpt salam tempel dr keluarga ayahnya trus td pagi aku bukain aja tabungan a.n mereka sendiri2 dg modal uang angpau itu.kalo di keluargaku gak ada tradisi itu yg ada paling kasih bingkisan baju ato makanan

  10. keluargarenaldo said: Hehehehe…. aduuh… bener banget bu… dulu mah ngarep salam tempelnya aja yaa…. 🙂

    toss… skrng kudu nempelin ya.. gantian

  11. rumahnyaalsa said: 2A dpt salam tempel gak Teh ? :Dkemarin anak2 juga dpt salam tempel dr keluarga ayahnya trus td pagi aku bukain aja tabungan a.n mereka sendiri2 dg modal uang angpau itu.kalo di keluargaku gak ada tradisi itu yg ada paling kasih bingkisan baju ato makanan

    Oh.. dapet dong kalo ke rumah hehe.. nti gantian kalo seno dan della ke pamulang di tempelin juga kaaankalo tradisi ngasih baju gak ada.. paling gw yang selalu di bliin baju sama sodara2 waktu kecil, krn gw anak yatim hehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s