Capsium Frutescens L

Itu nama latin dari cabe rawit atau cengek.

Buat gue, tiada hari tanpa cabe rawit. makan gorengan pasti pake cabe rawit, makan indomie

( eh koq sebut merk ) juga pake irisan cabe rawit, telor dadar di campur irisan cabe rawit, si teteh gak nyambel, gue bikin sambel kecap cabe rawit+bawang+tomat.Tujuannya selain buat penambah napsu makan, konon cabe rawit juga berkasiat untuk melegakan hidung tersumbat dan migren dan masih banyak lagi penyakit yang bisa di sembuhkan oleh si cabe rawit.

Tapi hari-hari belakangan ini si Teteh mulai komplen Si Kecil itu sekarang lagi harganya melejit setinggi langit, membuat leher tercekik, beli cabe rawit 1000 rupiah di tukang sayur cuma segenggaman tangan Della, jadi persediaan cabe rawit di rumah mulai berkurang dan gue mulai belajar menahan diri untuk tidak “ngeletuk” cabe rawit.

Penjual indomie di samping kantor yang biasanya menyediakan cabe rawit di piring, sekarang tidak lagi, penggemar cabe rawit harus minta ke si euceu, dan maksimal di kasih 4 buah cabe rawit. Pedagang mie ayam juga begitu, kalau nambah sambal pasti di lirik. Untungnya Mas penjual pecel lele di kantin kantor pos masih berbaik hati kalau gue minta tambahan sambelnya.

Gue Cuma bisa berdoa semoga curah hujan di beberapa daerah penghasil cabe rawit segera stabil, gue juga dukung kalau ada yang mau demo “turunkan harga cabe rawit”. Gue juga setuju dengan niat si Teteh untuk menanam cabe rawit di pot kecil di rumah, meskipun kata eyang sebaiknya tidak menanam cabe rawit karena nanti rumah bisa panas.. ( kan ada AC eyaaang ).

Advertisements

24 responses to “Capsium Frutescens L

  1. Ngacung! Sesama penggemar cabe rawit!:))Kalo disini namanya chilli padi, alhamdulillah harganya disini tetap stabil. Murah:)

  2. hidup cabe rawit !!*smp nanem 3 poon nih di samping rumahhhh

  3. wahhhhh….gorengan tahu pake cabe rawiiiittt..wueenak anget2 :Dmie rebus pk cabe rawittelor ceplok pk cabe rawitcuman minum jus doang yg gak pake cabe rawit πŸ˜€

  4. Toss, kalau gak pake cabe serasa makan tanpa garam….Pas di pasar masak sekilo bisa sekitar 30rb… huhuhuhhuuh dulu beli 1000 masih dapet lumayan, sekarang kayaknya emang 5 biji doang :(:(

  5. pagista said: Ngacung! Sesama penggemar cabe rawit!:))Kalo disini namanya chilli padi, alhamdulillah harganya disini tetap stabil. Murah:)

    hihi.. chilli padi.. lucu juga namanyasiip.. selama masih murah, nikmatin terus deh cabe rawit

  6. oetjipop said: hidup cabe rawit !!*smp nanem 3 poon nih di samping rumahhhh

    trus rumah jadi panas ga ?

  7. jamesdoel said: wahhhhh….gorengan tahu pake cabe rawiiiittt..wueenak anget2 :Dmie rebus pk cabe rawittelor ceplok pk cabe rawitcuman minum jus doang yg gak pake cabe rawit πŸ˜€

    juss cabe rawit ?? wakkk.. belom ada tuh .. gak pengen ah!

  8. sekarsekar said: Toss, kalau gak pake cabe serasa makan tanpa garam….Pas di pasar masak sekilo bisa sekitar 30rb… huhuhuhhuuh dulu beli 1000 masih dapet lumayan, sekarang kayaknya emang 5 biji doang :(:(

    Gila yaaa.. sampe 30Rb.. petani ngerasain gak tuh kenaikan inikalo ngerasain sih gak papa.. asal jangan tengkulaknya aja yg untung

  9. Nanem sendiri aja dirumah mbak.., aku juga nanem tuh.., lumayan harga cabe rawit melambung tapi tetep bisa makan cabe rawit hasil pekarangan sendiri..

  10. mycelyn said: Nanem sendiri aja dirumah mbak.., aku juga nanem tuh.., lumayan harga cabe rawit melambung tapi tetep bisa makan cabe rawit hasil pekarangan sendiri..

    iya mama celyn.. siap nanem cabe rawit deh

  11. sama…tiada hari tanpa cabe…itu yang harus dibeli setiap ke pasar or supermarket

  12. kesukaannya si ayah tuh …. makan mie, gorengan, goreng telur semua pake cabe rawit …ini obat migren ya ??? kalau gitu pas buat si ayah yang emang suka migren …

  13. heradyatmiko said: sama…tiada hari tanpa cabe…itu yang harus dibeli setiap ke pasar or supermarket

    dasar orang melayu yaa… doyan cabeee

  14. hylmilateef said: kesukaannya si ayah tuh …. makan mie, gorengan, goreng telur semua pake cabe rawit …ini obat migren ya ??? kalau gitu pas buat si ayah yang emang suka migren …

    hehe..koq tumben ya cowok suka pedes jugakatanya sih obat migren, tapi gak tahu deh cara konsumsinya gimana

  15. Betul, harga cabe sama hebatnya dengan harga minyak bumi. Ceilee..jauh banget perbandingannya. Makan tanpa cabe (pedes) ibarat hidup tanpa lelaki…hahaha…Tapi, kalau cabe rawit optional deh, secara pedasnya pedes banget mengigit, ngga enak lidah timbang cabe keriting.Katanya begitu, kalau nanam pohon cabe, suasana rumah jadi panas. Nanam pohon pepaya, jadi sarang hantu. hihihi..

  16. mumsmile said: Betul, harga cabe sama hebatnya dengan harga minyak bumi. Ceilee..jauh banget perbandingannya. Makan tanpa cabe (pedes) ibarat hidup tanpa lelaki…hahaha…Tapi, kalau cabe rawit optional deh, secara pedasnya pedes banget mengigit, ngga enak lidah timbang cabe keriting.Katanya begitu, kalau nanam pohon cabe, suasana rumah jadi panas. Nanam pohon pepaya, jadi sarang hantu. hihihi..

    hahaha.. laki di samain ama cabe , sama2 suka menggigit ya.. lha trus baiknya kita namem apa dong..

  17. hidup cabe .. gue juga nggak mantep kalau makan nggak ada cabe/sambel mbak Icho πŸ˜‰

  18. hidup cabe .. gue juga nggak mantep kalau makan nggak ada cabe/sambel mbak Icho πŸ˜‰

  19. waktu harga cengek belum gila gilaan, pohon cengek di samping rumah berbuah banyak. eeeh, giliran mahal kok berbuahnya dikiit, sampe habis dipetikin dan terpaksa harus metik di pasar..tapi bayar.. πŸ˜€

  20. cabe rawit teu di Indonesia teu di dieu sami2 awisssssssss,,…tos atuh ayeunamah gentoos ku cabe gendot,,,huahahaha langkung maknyusss

  21. imahartanto said: hidup cabe .. gue juga nggak mantep kalau makan nggak ada cabe/sambel mbak Icho πŸ˜‰

    bener mbak.. apalagi sambel dabu dabu or sambel ijo di rm manado.. waaa…kangen gwhari ini gw rencana ke sunter nih mbak

  22. fadhilaharif said: waktu harga cengek belum gila gilaan, pohon cengek di samping rumah berbuah banyak. eeeh, giliran mahal kok berbuahnya dikiit, sampe habis dipetikin dan terpaksa harus metik di pasar..tapi bayar.. πŸ˜€

    buahnya di curi orang gak teh? kirain di sukabumi mah lebih murah teh..

  23. cicicihuy said: cabe rawit teu di Indonesia teu di dieu sami2 awisssssssss,,…tos atuh ayeunamah gentoos ku cabe gendot,,,huahahaha langkung maknyusss

    cabe gendot teh nu kumaha teh ?? paprika tea ?

  24. ibuseno said: cabe gendot teh nu kumaha teh ?? paprika tea ?

    cabe gendot teh cabe hejo anu ageung tapina sanes paprika, hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s