Oleh-oleh dari Sukabumi

Long Week End kemarin sesuai rencana Ibu, Seno, Della dan teteh2 akan ke Sukabumi, semua rencana keberangkatan meleset. Mulanya hari kamis pagi Om Didi adiknya Bapa Seno mau jemput, trus ganti hari, bisa jemputnya hari Rabu, jadilah Ibu Seno cuti eh ijin libur ganti hari sabtu depan. Eh.. malam rabunya, Om Didi telpon gak bisa jemput, karena mendadak Om Didi harus tugas ke Bandung, Ibu Seno pasti bingung karena Bapa gak ada, dan belum pernah jalan naik angkutan umum ke Sukabumi bawa anak2. Cari mobil sewaan koq harganya melonjak, yang sedikit murah tapi armada gak ada. Akhirnya, di putuskan, bongkar packing, ganti ransel, semua orang harus bawa ransel masing2 termasuk Della ( tapi isi ransel Della Cuma mainan dan Sandal kamarnya aja) , kita coba berangkat ke Sukabumi jadi Backpacker.

Dari rumah jam 9, naik taxi “G” langsung ke Bogor, untung di taxi gak ada yang mun-mun. Dari Bogor jam 10.30-an naik L300-an langsung langsung booking seat 2 row ( 1 row di samping pak sopir untuk Seno dan teh Tika), 1 row lagi di paling belakang untuk Ibu, Della dan Teh Neni supaya agak longgar dan gak boleh di isi orang lain, jadi total 5 orang ibu bayar 7 orang, biarin deh yg penting gak di sedek2 sprt biasanya kalo naik L300 Sukabumi – Bogor.

Ternyata , Seno dan Teh Tikah berkali2 mun mun, padahal Seno biasanya gak mun mun, mungkin karena melihat teh Tikah yang mun mun jadi Seno ketularan. Route yang di tempuh L300 ternyata gak ikutin route sebenarnya, jadi untuk menghindari macet ciawi-cicurug, kita lewat tapos, untungnya pemandangan lbih bagus dr pada lewat ciawi. Di Cibadak, si Akang sopir juga sempet menghindari jalanan macet, tapi Ibu Seno gak tahu ini lewat kampung apa. Akhirnya kita sampai Sukabumi dengan sukses di depan alun2 Jam 1-an, Target suksesnya karena Della gak mun mun dan tidak rewel di jalan.

Dari KF, semua pilih naik keretek / delman/ andong dari pada naik angkot. Jadilah kita berlima naik delman.

Sampe rumah eyang masih sepi, rombongan Bandung belum datang . Eyang Cuma sendirian di rumah, dan sudah siap dengan makanan untuk kita makan siang.

Hari ini acaranya gak kemana2, semua langsung tidur siang, capeeee…

Lagi tidur Bapa Seno telpon, tapi koq gak ada kasian2nya sama istrinya yang bersusah payah bawa rombongan naik angkutan umum jarak jauh..

Bapa Seno Cuma bilang, pulangnya wah.. nanti2 elo bisa bawa anak2 sendiri ke mana2.. halah !

Sorenya,Bude Tuti dari Bandung datang, sayangnya Mas Rio dan Mas Bimo sepupu2 Seno gak jadi datang. Malemnya, main ke rumah Om Didi ( adiknya Bapa Seno ) di Cipelang Leutik sampe malam, sambil ngobrolin persiapan besok mau jalan ke kebun Teh , saung kabayan dan Pondok Halimun.

Kamis 20 Maret

Pagi pertama di Sukabumi, Seno pasti nagih makan bubur ayam bunut, tapi pagi ini Ibu belum bisa kabulkan karena teteh masih sibuk masak dan beres2 rumah, jadi pagi ini Ibu, Seno dan Della jalan2 ke kampung belakang rumah eyang aja, di kebon jati. Hihi.. ternyata selama ini Ibu Seno belum pernah jalan sejauh ini ke kampung belakang, dan ternyata di belakang sana masih banyak sawah dan ada kali kecil deras mengalir. Biasanya kita Cuma jalan ke sawah samping rumah eyang aja.

Siangnya, sekitar jam 9 lewat, Keluarga Bapa Seno, Keluarga Om Didi + Om Heri dan calon tante istrinya + Bude Tuti jalan ke PH. Mampir dulu dan foto2 di rumahnya kabayan. Berhubung pernah melintasi jalanan biasa yg bisa di lalui motor dan mobil, Ibu Seno tantang Della dan Seno sebagai peserta terkecil, mau gak lewat jalan pintas, motong jalan kebun teh.. ternyata semua mau. Dan Della juga harus bener2 jalan kaki, gak boleh di gendong.

Akhirnya Della meski dengan di tarik dan di dorogn, bisa juga sampe.

Dan.. semuanya seneng ketika sudah terdengar gemericik air dari aliran sungai kecil di Pondok Halimun.

Langsung deh.. mandi2 dan main air di Sana.. termasuk Ibu yang basah2an gak sengaja karena terpeleset di batu2an.

Main arinya gak lama, karena sempet dapat peringatan dari pengelola bahwa harus hati2 karena agak siangan sering ada air bah, dan 2 hari lalu juga ada yang terseret air di situ. Hmm.. sebenarnya mendengar gemuruh airnya ( bukan gemericik ya ), Ibu Seno juga sudah mulai waspada sih, tanda2 air bah kan juag bisa di lihat kalau sudah banyak ranting pohon atau sampah yang terbawa arus, tapi untuk keselamatan, akhirnya kita naik deh, yang penting sudah main air.

Pulang dari PH, akhirnya memuaskan kepenasaran Seno, kita mampir di bubur ayam bunut. Berhubung laper dan pas jam makan siang jadi semua makan dengan lahap. Tapi dengan catatan, jangan langsung pulang, kita harus jalan kaki dr bubur bunut ke rumah eyang supaya sampe rumah lapar lagi dan makan lagi, karena kalau gak makan, pasti eyang marah.

Untungnya, hari ini cuaca bagus gak hujan jadi sorenya kita masih bisa main ke bawah, putar2 kota sukabumi ngenalin kota sukabumi ke Teteh2

Malemnya, Ibu dan Della duduk2 di tangga rumah eyang nunggu kunang2, tapi gak muncul2.. kata eyang biasanya kunang2 muncul kalau gak musim hujan.

Jumat 21 Maret

Hari ini dari pagi sudah gerimis, jadi sepagi ini kita Cuma di rumah aja, sambil nunggu gerimis reda, pagi ini Cuma nikmatin serabi bakar dan pisang goreng sudah kenyang. Hari ini rencananya mau berenang di Pangrango atau di Selabintana, tapi hujan gerimis gini pasti tambah dingin kalo berenang, mau di gagalin acaranya, Senonya keluar deh ariesnya. Akhirnya berangkat juga berlima aja ke Selabintana naik angkot dari depan rumah.

Untung sampe selabitana gerimis brenti, jadi bisa berenang sampe puas eh sampe kedinginan baru brenti deh, itu pun juga karena hujan turun lagi.

Berhubung ngejar waktu makan siang di rumah eyang..akhirnya meskipun hujan masih turun, dengan senang hati anak2 pake mantel tipis jalan2 keliling selabintana, setelah cape dan laper langsung pulang naik angkot lagi.

Trus.. langsung makan siang yang sudah di siapkan eyang ..

Oh ya.. ada aturan wajib dari eyang buat anak cucunya,dilarang makan di luar rumah kalau gak kepepet atau kalau eyang eyang sudah masak. Jadi kalaupun pas jalan2 laper, cukup ganjel perut aja, gak makan kenyang. Kadang meskipun sudah makan di luar, di rumah makan lagi deh sedikit, pura2 belum makan di luar.

Sabtu 22 Maret

Hari ini Seno pengen ke air terjun lagi, tapi Ibu Seno gak mau ke sana tanpa Bapa Seno, apalagi Om Didi dan Om Heri juga gak bisaikut, Om Didi harus ngantor, Om Heri harus nemenin tante Lusi karena semalem pingsan.

Jadi Ibu Seno coba bujuk Seno, hari ini jalan2nya cukup ke danau aja.

( bingung mau main ke mana lagi yang deket, gw sih bosen sebenernya ke situ2 terus).

Akhirnya.. sudah agak siang Ibu Seno sekeluarga, dan Tante Yuli ( istri Om Didi ) sekeluarga naik angkot ke Cisaat, untung angkot Bhayangkaraan mau di sewa sambil tunggu pulangnya.

Sampe sana, ternyata angkot hanya boleh sampe depan gerbang aja, gak boleh masuk sampe pinggir danau. Jadi kita jalan kaki dari gerbang ke pinggir danau. Seno yang semalam seseknya kambuh agak kewalahan di perjalana kali ini, perjalanan sebelumnya Seno selalu di depan.

Di danau kita gak lama, karena anak2 gak bisa main2 air, Cuma lihat2 orang mincing aja, dan ketika Seno minta jalan2 mutar2 Danau, kali ini Ibu Seno tolak hihi.. beneran ibu gak berani, ngebayang film2 itu lho.. yg tiba2 buaya muncul dari danau.. gak deh !

Jam 1 lewat pulang dari danau, sampe rumah eyang Om Heri lagi sibuk bakar sate, sebenernya sebelumnya eyang mau bikin nasi kuning buat Bapa Seno yang ultah hari ini, tapi berhubung Bapa Senonya gak datang, ya bikin sate aja deh, sambil telpon2-an ngucapin met ultah ke Bapa Seno di Jogja, kita makan siang bareng2 dan berdoa buat Bapa Seno dan Nenek Seno.

Minggu 23 Maret

Hari ini, lunas semua utang2 Ibu ke Seno, ke rumah eyang dan jalan2 ini utang Ibu dan Bapa Seno. utang Ibu ke Della belum lunas karena sampai hari terakhir Ibu gak bisa ngasih lihat kunang2 ke Della, terpaksa akhirnya ibu bilang ke Della kunang2nya lagi ngungsi ke tempat yang panas, karena di sini hujan terus dan rumahnya kunang2 kebanjiran.

Sore ini kita seharian main di rumah eyang aja, Teteh sibuk petik daun singkong, jambu biji dan pepaya buat bawa pulang ( di jakarta juga banyak teh !), Ibu Sibuk milih piring2 dan barang2 ex catering eyang yang sudah tidak terpakai untuk di bawa pulang krn ibu gak punya banyak piring di rumah.

Habis Magrib, akhirnya semua pulang, rombongan Ibu Seno dan Om Heri (+calonnya) pulang ke Jakarta di anter Om Seno. Bude Tuti pulang besok pagi ke Bandung langsung ngantor.

Akhirnya eyang sendiri lagi…

note: foto menyusul yaa

Advertisements

27 responses to “Oleh-oleh dari Sukabumi

  1. Iya fotonya belum ada nih..kurang seru.. :DJadi Della engga ketemu kunang2 dong disana?Btw, liburannya asik juga ya.. πŸ™‚

  2. Eulleuh ‘cerbung’ geningan….

  3. asyik ya liburannya … main ke air terjun , danau emang asyik … apalagi kalau rame-rame, main air terus …

  4. mycelyn said: Iya fotonya belum ada nih..kurang seru.. :DJadi Della engga ketemu kunang2 dong disana?Btw, liburannya asik juga ya.. πŸ™‚

    Tenang.. hihi.. lagi di pilih2 dulu, kebanyakan Iya nih Celyn.. kak Della jadi gak ketemu kunang2.. untung mau ngerti Liburan lumayan lah asik, bisa ngilangin suntuk di kantor..

  5. cepdedentoni said: Eulleuh ‘cerbung’ geningan….

    hihi.. nuju di ajar ngaelehkeun MJ

  6. hylmilateef said: asyik ya liburannya … main ke air terjun , danau emang asyik … apalagi kalau rame-rame, main air terus …

    Nah itu dia yg asik.. main2 air.. sayang di danaunya agak takut main air.. hiii

  7. *manyun* dengan kedengkian karena ga long week end .. minggat ah sebelum di timpuk sandal

  8. ahmadkarmila said: *manyun* dengan kedengkian karena ga long week end .. minggat ah sebelum di timpuk sandal

    Waaaksss.. cuciaaaan deh.. Tapi tetep sama si Neng kaaan

  9. photonya duongggggggg

  10. Di sukabumi makanan apa yang khas??*teteup, ingetnya cuma makanan*

  11. utang ke della udah lunas juga mba?..kan mo nyari kunang kunang πŸ˜€

  12. wag seru juga tuh acara liburan dan petualangannya πŸ™‚

  13. oetjipop said: photonya duongggggggg

    Done !..

  14. rinirusli said: Di sukabumi makanan apa yang khas??*teteup, ingetnya cuma makanan*

    makanan khas , ada moci.. ada bandros.. ada bubur bunut hihitapi sayang nih kali ini gak makan bandros.. krn malem baru ada biasanya ke sana sama Bapa Seno.. bedua.. aja pas anak2 dah tidur..

  15. mutiarasemu said: utang ke della udah lunas juga mba?..kan mo nyari kunang kunang πŸ˜€

    Belum euy !masih di janjiin nanti kalo musim panas ke sukabumi lagi .. hayoo weee utang terus

  16. heradyatmiko said: Seru yah liburannya

    Lumayan Seru dan capek mbak Heratapi anak2 seneng

  17. grahaonline said: wag seru juga tuh acara liburan dan petualangannya πŸ™‚

    Iya niez.. sok di posting dong cerita anak2 main playmobilnya ..

  18. mampir atuh ka cibadak….

  19. eviblog said: mampir atuh ka cibadak….

    Cibadak di langkungan wungkul hehe.. nanti deh kapan2 mampir.. ada apa aja di cibadak ?

  20. walaaaahhh…terbayang seru nya perjalanan menuju rumah eyang…dengan L300 sukabumi-bogor…hebat..della ga mabok!tapi jadi tau jalan2 alternatif lewat kampung ya teh! seeerrruuu kan (bari jeung lieur karna supir L300 mah hobi ngebut..hehe…)ntar kalo mau ke eyang lagi, tunggu jalanan raya ciawi-sukabumi diaspal, secara bolongnya gede gede, gituloh… dan tong hilap nyimpang ka kampung bangkongreang… cuma kunang kunangnya memang belum keliatan, masih ngumpet… πŸ™‚

  21. fadhilaharif said: walaaaahhh…terbayang seru nya perjalanan menuju rumah eyang…dengan L300 sukabumi-bogor…hebat..della ga mabok!tapi jadi tau jalan2 alternatif lewat kampung ya teh! seeerrruuu kan (bari jeung lieur karna supir L300 mah hobi ngebut..hehe…)ntar kalo mau ke eyang lagi, tunggu jalanan raya ciawi-sukabumi diaspal, secara bolongnya gede gede, gituloh… dan tong hilap nyimpang ka kampung bangkongreang… cuma kunang kunangnya memang belum keliatan, masih ngumpet… πŸ™‚

    Iya teh, kalo Della mabok mah beuki repot wae atuhiya euy dag dig dug oge ku ngebutna eta L300kapan2 deh nyimpang ka bangkoreang nyaasayagikeun beuleum sampe we

  22. Oleh2nya koq ga nyampe ke Gaim? :p

  23. kartikaihsan said: Oleh2nya koq ga nyampe ke Gaim? :p

    hehehe.. masih ada tuh.. rangginang, mainke rumah ya

  24. wah..jadi tambah semangat nih buat pulang ke sukabumi mumpung masih banyak liburnya,jadi ke-ide-an dari ceritanya…saya di cisaat.

  25. widayusuf said: wah..jadi tambah semangat nih buat pulang ke sukabumi mumpung masih banyak liburnya,jadi ke-ide-an dari ceritanya…saya di cisaat.

    Siiip Teh Wida.. hayu urang sareg atuh kapan2 ke Cisaat

  26. Pingback: Oleh Oleh Khas Sukabumi - Jenis Khas Ole Ole Makanan Kuliner di Medan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s