Lima Bola Kehidupan

Dari sumber lain , semoga bermanfaat…

Bayangkan hidup sebagai suatu permainan ketangkasan, dimana kita harus memainkan keseimbangan 5 buah bola yang dilempar ke udara.
Bola-bola tersebut bernama: Pekerjaan,Keluarga, Kesehatan, Teman dan Spirit.
Kita harus menjaga agar ke-5 bola ini seimbang di udara.

Kita akan segera mengerti bahwa ternyata "Pekerjaan" hanyalah sebuah bola karet.

Jika kita menjatuhkannya maka ia akan dapat memantul kembali. Tetapi empat bola lainnya yaitu: Keluarga, Kesehatan, Teman, dan Spirit, terbuat dari gelas.
Dan jika kita menjatuhkan salah satunya maka ia akan dapat terluka, tertandai, tergores,rusak atau bahkan hancur berkeping-keping.

Dan ingatlah, mereka tidak akan pernah kembali seperti aslinya. Kita harus memahaminya benar dan berusaha keras untuk menyeimbangkannya.
Bagaimana caranya?

1. Jangan rusak nilai kita dengan membandingkannya dengan nilai orang lain. Perbedaan yang ada diciptakan untu membuat masing-masing diri kita special.

2. Jangan menganggap remeh sesuatu yang dekat di hati kita, melekatlah padanya seakan-akan ia adalah bagian yang membuat kita hidup, dimana tanpanya, hidup menjadi kurang berarti.

3. Jangan biarkan hidup kita terpuruk di 'masa lampau' atau dalam mimpi masa depan. Satu hari hidup pada suatu waktu berarti hidup untuk seluruh waktu hidupmu.

4. Jangan menyerah ketika masih ada sesuatu yang dapat kita berikan. Tidak ada yang benar-benar kalah sampai kita berhenti berusaha.

5. Janganlah takut mengakui bahwa diri kita tidaklah sempurna. Ketidaksempurnaan inilah yang merupakan sulaman benang rapuh untuk mengikat kita satu sama lain.

6. Jangan takut menghadapi resiko. Anggaplah resiko sebagai kesempatan kita untuk belajar bagaimana menjadi berani.

7. Jangan berusaha untuk mengunci cinta dalam hidupmu dengan berkata "tidak mungkin saya temukan". Cara tercepat untuk mendapatkan cinta adalah dengan memberinya, cara tercepat untuk kehilangan cinta adalah dengan menggenggamnya sekencang mungkin, dan cara terbaik untuk menjaga agar cinta tetap tumbuh adalah dengan memberinya 'sayap'.

8. Jangan lupa bahwa kebutuhan emosi terbesar dari seseorang adalah kebutuhan untuk merasa dihargai.

9. Jangan takut untuk belajar sesuatu. Ilmu pengetahuan adalah harta karun yang selalu dapat kita bawa kemanapun tanpa membebani.

Dan akhirnya…

MASA LALU adalah SEJARAH,
MASA DEPAN merupakan MISTERI, dan SAAT INI adalah KARUNIA.
Itulah kenapa dalam bahasa Inggris, saat ini disebut "The Present".

Advertisements

16 responses to “Lima Bola Kehidupan

  1. MASA LALU adalah SEJARAH,MASA DEPAN merupakan MISTERI, dan SAAT INI adalah KARUNIA.Itulah kenapa dalam bahasa Inggris, saat ini disebut “The Present”.betulll bgt….tp klo kita percaya pdaNya… masa depan tentu akan lebih baik n lebih baik lagiiiiii

  2. Ma kasih buat artikelnya mbak.., bagus banget.. 🙂

  3. 7. Jangan berusaha untuk mengunci cinta dalam hidupmu dengan berkata “tidak mungkin saya temukan”. Cara tercepat untuk mendapatkan cinta adalah dengan memberinya, cara tercepat untuk kehilangan cinta adalah dengan menggenggamnya sekencang mungkin, dan cara terbaik untuk menjaga agar cinta tetap tumbuh adalah dengan memberinya ‘sayap’.hiks..jadi pengen jatuh cinta lagi mbaaakk..

  4. oetjipop said: MASA LALU adalah SEJARAH,MASA DEPAN merupakan MISTERI, dan SAAT INI adalah KARUNIA.Itulah kenapa dalam bahasa Inggris, saat ini disebut “The Present”.betulll bgt….tp klo kita percaya pdaNya… masa depan tentu akan lebih baik n lebih baik lagiiiiii

    100 !!.. percaya kepadaNya, akan membuat kita selalu siap menyongsong masa depan ci

  5. mycelyn said: Ma kasih buat artikelnya mbak.., bagus banget.. 🙂

    sama2 Mbak..

  6. youlizcafe said: 7. Jangan berusaha untuk mengunci cinta dalam hidupmu dengan berkata “tidak mungkin saya temukan”. Cara tercepat untuk mendapatkan cinta adalah dengan memberinya, cara tercepat untuk kehilangan cinta adalah dengan menggenggamnya sekencang mungkin, dan cara terbaik untuk menjaga agar cinta tetap tumbuh adalah dengan memberinya ‘sayap’.hiks..jadi pengen jatuh cinta lagi mbaaakk..

    Boleh aja… jatuh cinta lagi sama suami kan bisa juga hehe..

  7. thanks buat semangatnya ya mba Icho..semangat!!!

  8. ibuseno said: Boleh aja… jatuh cinta lagi sama suami kan bisa juga hehe..

    itu lah masalahnyaaaa..aku nggak punya mbak..hehehe..

  9. TFSna t’Icho !!!

  10. youlizcafe said: itu lah masalahnyaaaa..aku nggak punya mbak..hehehe..

    hihi.. kirain dah punya.. kalo gitu masih bebas dong jatuh cintaa.. ayo jatuh cinta aja..

  11. mutiarasemu said: thanks buat semangatnya ya mba Icho..semangat!!!

    sama2 May.. ayao semangat yuuuk

  12. tehtina said: TFSna t’Icho !!!

    sami2 T’Na .. mugi2 aya manfaatna

  13. tfs teh Icho….kumaha damang???…meni sono euy….

  14. yusys said: tfs teh Icho….kumaha damang???…meni sono euy….

    sami2 Teh.. pangesto.. sono oge euy !kumaha sawaler na teh ?

  15. thanks for sharing ….

  16. hylmilateef said: thanks for sharing ….

    Sama2 Teh.. semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s