Tulang – tulang di sekeliling gue

Di Departemen gue di kantor baru ini, dari 12 orang , hampir separuhnya orang batak, meskipun ada juga yang gak asli batak ( campuran cina + batak ). Ada Sinaga, Silalahi, Aritonang, Lubis dan Sinaga Jadi seru lah kalo pas mereka gabung dan ngobrol atau diskusi pekerjaan. Untungnya gue belum sempet ngobrol bareng atau makan bareng mereka di lapo,

Gaul sama orang batak ini emang seru, sejak SMA, kuliah, sohib2 gue banyak yang batak ( termasuk mama medy ), kalo yang ini batak cantik, gak bakalan di sangka batak, yang ada malah gue yang di sangka batak. Karena itu berhubung muka gue sudah muka batak, dikit-dikitlah gue belajar bahasa batak.. Batak itu terbagi 5 yaitu : Batak Toba, Simalungun, Karo, Pakpak, Angkola, tapi Orang Karo jarang mau disebut orang Batak, nah kalo yang ini gue belum tahu alasannya kenapa. Dan dari ke 5 batak itu ternyata banyak perbedaannya, ulosnya beda, tarian tor tornya pun beda, kalo rang karo tari tor-tornya cenderung bergaya melayu. Untuk panggilan juga katanya beda, orang Toba menyebut paman itu tulang, orang simalungun katanya bukan ( tapi gue gak tahu apa panggilan paman untuk orang simalungun). Ucapan “Horas” buat sebagian batak mungkin sama artinya, tapi untuk orang Karo, tidak menyebut kata horas tapi Majua jua.. ah mungkin masih banyak lagi deh kalo mau belajar detil tentang orang batak dan budaya batak, yang pasti gue sih cukup menghapal satu kalimat aja “holong do roham tu au “ ..( nulisnya juga bener atau engga gue gak tahu )

Dan, berkat pengalaman bergaul sama orang batak, di kantor baru ini gak terlalu sulit gue masuk ke lingkungan tulang-tulang itu. Gue gak kaget lagi dengan gaya bicara keras mereka, keterusterangan mereka malah buat gue lebih enak. Gak kaget ketika salah satu dari mereka ngomong ke gue kalo mereka bilang meja elu berantakan banget, elu kan cewek hehe.. gue terima kritik itu dengan lapang dada.. asik kan.. mending terus terang deh. …semoga tambah betak meskupun internet susah .. Horas !!

Advertisements

16 responses to “Tulang – tulang di sekeliling gue

  1. jd inget iklan sala satu susu..:-)”Ini susu bua tulang..”

  2. oetjipop said: jd inget iklan sala satu susu..:-)”Ini susu bua tulang..”

    haha… iya ya.. ini tulangku.. mana tulang mu

  3. waa…ternyata beragam juga garis2 keturunan suku Batak ya… Indonesia memang unik 🙂

  4. kawandee said: waa…ternyata beragam juga garis2 keturunan suku Batak ya… Indonesia memang unik 🙂

    Iya kang Adi.. begitu kayanya khasanah budaya kita

  5. Ha ha ha.., jadi dari dulu selalu dikelilingin tulang-tulang ya bu..?

  6. mycelyn said: Ha ha ha.., jadi dari dulu selalu dikelilingin tulang-tulang ya bu..?

    Iya nih Mbak.. untungnya gak tulang belulang yg ngelilingin..

  7. ad sinaga, sibolga singkawang..ha..ha..ha..

  8. eddyjp said: ad sinaga, sibolga singkawang..ha..ha..ha..

    hahaha.. inget singkawang kampung halaman ya om

  9. Napitupulu masuk mana?Waktu nikah sempet syok diblg kakak : wah richard senengnya sama yg gemuk, yahi3x skarang ud biasa deh, emang gt

  10. ibuseno said: holong do roham tu au “

    artinya apa tuh mba?sama kaya tanteku , kawin ama org batak tp suaminya ga kaya org batak alias kalem bgt!malah tanteku yg kalo ngomong keras banget ! Batakan dia daripada suaminya tuh!hihihihi…

  11. ummuauliya said: Napitupulu masuk mana?Waktu nikah sempet syok diblg kakak : wah richard senengnya sama yg gemuk, yahi3x skarang ud biasa deh, emang gt

    Waduh.. belum nanya detil nih Napitupulu masuk mana yaBatak Toba kali ya… hihi.. dah biasa di bilang gemuk maksudnya .. kabur ah

  12. hannyks said: artinya apa tuh mba?sama kaya tanteku , kawin ama org batak tp suaminya ga kaya org batak alias kalem bgt!malah tanteku yg kalo ngomong keras banget ! Batakan dia daripada suaminya tuh!hihihihi…

    katanya sih artinya “aku cinta padamu” gak tahu deh bener atau engga.. aku mah percaya aja sama orang batak itubiarpun aku sering ngejailin orang batak belajar bahasa sunda heheBatak kalem juga ada mbak … lebih batak aku dari dia malah.. ya si mama medy itu..tapi kadang2 keluar juga sih bataknya

  13. simalungun paman itu juga tulang… holong do roham tu au udah benar… trus nanya aja ke mereka assit do pat ni gabus tulang apaa artinya…. hehehehehe

  14. wilmalau said: simalungun paman itu juga tulang… holong do roham tu au udah benar… trus nanya aja ke mereka assit do pat ni gabus tulang apaa artinya…. hehehehehe

    Halah..ketemu tulang wilson nih, Kalo yang bawah artinya apa tuh ?? koq mereka ketawa ketiwi aja malah balik tanya.. lu dapet dari mana tuh kata2

  15. hhhmm jadi malu nih nama kita di sebut2…..Sekarang kalo dikantor banyakan keluar lagi …bataknya ..maklum keadaan memaksa sih….(biar dibilang tegas he he he….)

  16. mamamedy said: hhhmm jadi malu nih nama kita di sebut2…..Sekarang kalo dikantor banyakan keluar lagi …bataknya ..maklum keadaan memaksa sih….(biar dibilang tegas he he he….)

    emang ada yg percaya kalo elo batak ya hehe.. O.. jadi supaya keliatan tegas, pake gaya batak aja yaaatips menarik nih hihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s