Legiun Asing , masih perlu kah ?

Sejak remaja gue suka nonton sepak bola, sampai menjelang Seno di lahirkan, gue masih suka begadang nonton sepak bola. Gak Cuma Liga Itali, Liga Inggris, Sepak bola Indonesia juga tetep gue tonton. Waktu masih gadis malah beberapa pemain sepak bola pernah gue kirimi e-mail antara lain Aa Djorkaeff, Mas Inzagi, trus yang lokal yang pernah gue surati adalah Ahmad Muharya dari PSIS Semarang dan Ajat Sudrajat dari Persib dan Herman kipernya yang orang Sukabumi hihi…norak banget ya.. biarin aja.

Sejak Seno lahir gue mulai jarang ngikutin nonton sepak bola Liga asing maupun liga Indonesia. Cuma sejak Seno mulai suka nonton sepak bola, mulai lagi deh gue ikutan lagi nonton. Sayangnya kemarin ini gue bukan nonton pertandingan tapi nonton perkelahian dan bikin sepak bola Indonesia makin tidak enak di tonton. Gue sempat mengajarkan ke Seno bahwa Sepak bola adalah olahraga yang paling sportif. Kalau main bola kita tidak boleh melukai lawan, tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang dengan cara kerja sama dengan teman satu tim.

Ketika perkelahian di sepak bola terlihat oleh Seno gue bingung menerangkan ke Seno kenapa mereka mesti berkelahi, terpaksa gue bilang ke Seno “Oh mas kalo pemain Sepak Bola Indonesia emang gitu, dari dulu suka berkelahi kalo main bola, orang Indonesia pada cepet emosi sih, harusnya gak boleh gitu..”

Tapi sayangnya ternyata biang rusuh di ajang ini bukan dari pemain local, tapi pemain asing. Mereka yang di harapkan membawa angina positif bagi pemain kita dengan mengajarkan teknik bermain,pengalaman yang lebih bagus yang mereka punya koq malah ikut terpengaruh pemain kita yang doyan berkelahi.

Bukan Cuma penonton di sana, juga bukan hanya fans persija aja yang mengecam legiun asing tersebut , gue juga ikutan sebel sama mereka. Dari pada ngabisin biaya APBD untuk membayar orang asing yang hasilnya malah bikin malu dan bikin nambah buruk persepak bolaan kita, mending biayanya buat mupuk bibit-bibit calon pemain local yang bagus aja deh Dan beda juga rasanya seandainya biang rusuhnya adalah pemain local, gue Cuma bergumam..biasa itu mah.

Kalo pelatih asing gue pikir masih perlu, karena maaf terus terang aja gue belum banyak tahu pelatih2 lokal yang kualitasnya bener2 bagus dan perlu pelatihan yang lebih bagus lagi supaya kualitasnya bisa menyamai pelatih asing sehingga kita tidak perlu impor pelatih lagi.

Kalau toh tetap terpaksa menggunakan pelatih asing, semoga pemain dan pelatih kita bisa menularkan budaya bangsa kita yang konon cinta damai

Salam Olah Raga !!

Advertisements

16 responses to “Legiun Asing , masih perlu kah ?

  1. Iya pemain asing bikin apbd tekor. Blom lagi mengurangi kesempatan pemain lokal jadi striker. Akibatnya… walaupun timnas mainnya bagus banget kaya waktu di piala asia… tetep aja mandul dan kalah…

  2. betul teh, sugan teh pemain asing akan membawa pengaruh yg baik buat sepakbola kita. eh kalah jadi propokator. balikeun we ah ka negarana. kecuali myun pemainna kaya David Beckham hehehe

  3. …apa entar mah dibatasi aja jumlah pemain asing dalam satu klub,trus trik training dan komposisi gizi pemain juga dipertimbangkan, jadi biaya pembinaan pemain optimal pada pengembangan resource klub (halah…ma’lum, pengamat tingkat RT, hehe…piss ah

  4. dikau salah Cho, sebel lah sama wasit Indo, nggak tegas dan bisa disogok dan sebel sama PSSI nggak beres ngurusin sepak bola dan sebel sama penonton yang kampungan.Buktinya kalo pemain kita keluar sono baik baik aja bukan ?

  5. Weleh ..weleh berita dari indonesia negeri tercinta, koq pada kusut smuanya yak?!Sampe ke sepak bolanya juga ikut2an kusut!:(

  6. semarangkatropolitan said: Iya pemain asing bikin apbd tekor. Blom lagi mengurangi kesempatan pemain lokal jadi striker. Akibatnya… walaupun timnas mainnya bagus banget kaya waktu di piala asia… tetep aja mandul dan kalah…

    Tul Mas…mending APBD buat pemain lokal kaaan

  7. akuhanif said: betul teh, sugan teh pemain asing akan membawa pengaruh yg baik buat sepakbola kita. eh kalah jadi propokator. balikeun we ah ka negarana. kecuali myun pemainna kaya David Beckham hehehe

    S7…. kalo backham mah biarin aja ya Teh.. dasar awewe

  8. Nah.. bisa juga gitu Kang Adi kalo emang masih butuh keneh we pemain asing mah.. jangan banyak teuing pemain asing.. sama lah kang.. saya juga baru manager team tarkam wungkul hehe…

  9. eddyjp said: dikau salah Cho, sebel lah sama wasit Indo, nggak tegas dan bisa disogok dan sebel sama PSSI nggak beres ngurusin sepak bola dan sebel sama penonton yang kampungan.Buktinya kalo pemain kita keluar sono baik baik aja bukan ?

    Nah.. ini juga bener Mbah.. aku belum ngomongin wasit Indo ya.. Apa mending pemain2 kita aja yang di ekspor untuk belajar di luar sana dr pada ngimpor pemain asing

  10. pagista said: Weleh ..weleh berita dari indonesia negeri tercinta, koq pada kusut smuanya yak?!Sampe ke sepak bolanya juga ikut2an kusut!:(

    Hmm.. begitulah carut marut negri kita Mbak.. tapi tenang.. masih banyak berita baiknya koq.. cuma kalo berita jelek biasanya di gemborin hihi..

  11. bisa juga usul yang bagus, kan bisa sambil jual warteg menuntut elmu..ha..ha..ha..sini bokek gimana mau ekspor Cho :))

  12. bener tuh bu, kirain yg ngejangkitin pemain2 lokal kita eh ternyata setelah di telusurin mang kebanyakan mreka punya emosi yg jelek.. ga nyangka saya ibu suka sepak bola?? brarti seno punya bakat maen bola tuh bu, coba ikutin SSB aj.. nah skrg gimana cara saya ngajarin neng elin biar suka bola bu?? abisnya saya sring kena pundung/mutung klo nyuekin dia karna keasikan nonton bola *garuk2 kepala*

  13. eddyjp said: bisa juga usul yang bagus, kan bisa sambil jual warteg menuntut elmu..ha..ha..ha..sini bokek gimana mau ekspor Cho :))

    emang payah om.. pantesan aja daku juga boke mulu negrinya bokek sih

  14. ahmadkarmila said: bener tuh bu, kirain yg ngejangkitin pemain2 lokal kita eh ternyata setelah di telusurin mang kebanyakan mreka punya emosi yg jelek.. ga nyangka saya ibu suka sepak bola?? brarti seno punya bakat maen bola tuh bu, coba ikutin SSB aj.. nah skrg gimana cara saya ngajarin neng elin biar suka bola bu?? abisnya saya sring kena pundung/mutung klo nyuekin dia karna keasikan nonton bola *garuk2 kepala*

    Hmm.. emosi jelek bukan cuma milik mereka Kar, pemain kita juga gak kalah emosinya.. Saya duluuuu suka gibol sampe di maklum sama bos kalo telat dateng gara2 malemnya nonton bola, skrng mah ala kadarnya aja.. Buat neng Elin.. ajak aja sekali2 ke stadion dulu hehe.. di jamin bakal benci banget sama bola.. da rusuh wae.. suka mah gak bisa di paksain Kar

  15. Kumaha upami sepakbolana caket pangadilan sareng penjara…….Sina kapok….Tiap aya anu nyieun kaributan langsung diadili terus asup penjara……khusus wasit……dipotong gajina wae atau turunkeun pangkatna sina jadi wasit tarkam heula….

  16. sardjana said: Kumaha upami sepakbolana caket pangadilan sareng penjara…….Sina kapok….Tiap aya anu nyieun kaributan langsung diadili terus asup penjara……khusus wasit……dipotong gajina wae atau turunkeun pangkatna sina jadi wasit tarkam heula….

    Sok lah mangga.. saha nu bade pindah.. stadion na atanapi kantor pengadilan na ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s