Negative Thinking

Dalam satu hari ini.. gue dapet nilai bahwa gue itu negative thinking, dari dua orang, pagi-pagi dari Bapa Seno dan sore ini dari sohib gue. Kalo emang bener, gak tahu kenapa akhir-akhir ini koq jelek banget ya,padahal negative thinking adalah satu hal yang selalu gue coba hindari, karena negative thinking bakal merugikan diri sendiri juga bisa merusak hubungan kita dengan orang lain, padahal gue tuh suka takuuut kalo ada orang lain terluka atau hubungan jadi jelek, makanya ketika 2 tuduhan itu ada dalam satu hari, hmmm.. langsung introspeksi diri deh kenapa gue harus begini ? Hmmm apa sejak dulu gue negative thinking ?? rasanya sih engga deh… agak berasa akhir-akhir ini aja, atau mungkin juga karena terpengaruh dengan perasaan yang lagi bad mood.

Apa sih negative thinking itu ?

Negative thinking adalah pola atau cara berpikir yang lebih condong pada sisi-sisi negatif dibanding sisi positifnya. Pola pikir ini bisa tampak dari keyakinan atau pandangan yang terucap, cara seseorang bersikap, dan perilaku sehari-hari. Karena sisi negatif lebih dominan, tak mengherankan jika cara pikir ini dipenuhi oleh sikap apriori, prasangka, ketidakpercayaan, kecurigaan, dan kesangsian, yang seringkali tanpa dasar atau tanpa nalar sama sekali.
Pola pikir negatif juga tampak dari cara seseorang memandang atau merespon persoalan, yang seringkali mengabaikan rasionalitas, logika, fakta, atau informasi yang relevan. Misalnya Hal semacam ini bisa didapati dalam kritik-kritik yang sifatnya bertujuan untuk menjatuhkan lawan atau mempermalukan sasaran tembak tertentu..

Trus,.. apa sebabnya negative thinking ?

Negative thinking disebabkan oleh konstruksi persepsi kita berdasarkan sistem keyakinan, cara pandang (paradigma), atau cara kita memahami suatu persoalan. Karena pola pikir ini sifatnya paradigmatis, maka setiap data, fakta, atau informasi akan kita persepsi sesuai dengan paradigma yang kita anut. Jika paradigmanya bersifat konflik, maka yang muncul adalah persepsi-persepsi konfliktual, baik ofensif maupun defensif. Sementara jika paradigmanya adalah harmoni, maka persepsi-persepsi yang dominan pun sifatnya lebih harmonis, menyatukan, mensintesis, dan antikonflik.
Dalam diri semua orang, terkandung sesuatu yang oleh ahli psikologi disebut self defense mechanism yaitu suatu kecenderungan untuk mempertahankan diri dari apa yang kita persepsikan sebagai sesuatu yang menyerang atau berpotensi menghalangi tercapainya keinginan kita. Salah satu pilihan mempertahankan diri itu adalah dengan bersikap ofensif atau menyerang balik si pengancam.

Hmm.. lalu apa yang harus di lakukan untuk menghilangkan negative thinking ?

Kalo kata Edy Zaqeus di pembelajaran.com. cara untuk menghilangkan negative thinking antara lain :

Perbaiki cara berpikir dan paradigma

berbuat dan berpikirlah terhadap orang lain seperti kamu ingin dipikirkan dan dilakukan

Gunakan Kosa kata positif

Bergaulah dengan orang positif

Jadikan positivisme sebagai kebiasaan.

Thanks banget , deh dah kejawab kalo gitu penyebab gue negatife thinking hari ini di sebabkan karena self defense gue yang sangat tinggi hehe…

Advertisements

22 responses to “Negative Thinking

  1. TFS bu seno…Sampai detik ini, saya punya pandangan : positif thinking or husnuzhon adalah salah satu cara sederhana menikmati hidup:) Cheers..

  2. kadang susah juga kalo mo ‘positif thinking’ yaitu apalagi kalo kita lagi ‘bad mood’so terus berusaha positif thinking… !!makasih pengingatnya t’Icho !!!

  3. pagista said: TFS bu seno…Sampai detik ini, saya punya pandangan : positif thinking or husnuzhon adalah salah satu cara sederhana menikmati hidup:) Cheers..

    Iya Mbak Kemala… chusnuzon penting banget, sayangnya saya sering lupa hehebuat apa sih mempersulit hidup.. ya gaaaaa

  4. tehtina said: kadang susah juga kalo mo ‘positif thinking’ yaitu apalagi kalo kita lagi ‘bad mood’so terus berusaha positif thinking… !!makasih pengingatnya t’Icho !!!

    Nah itu dia Teh Tina…. kalo bad mood maunya hggrrgrgdshgrfsgsama2 teh.. saling mengingatkan..

  5. TFS bu….kalo saya negatif thinking bukan ke orang tapi lebih ke keadaan… sering gagal sigh…

  6. upik2806 said: TFS bu….kalo saya negatif thinking bukan ke orang tapi lebih ke keadaan… sering gagal sigh…

    sama2 Rit… hmm.. aku juga masih suka gitu rit.. tapi kalau pas merasa gagal dan neg thinkingnya muncul.. buru2 deh cari bacaan biar semangat lagi.. sprt hari ini…

  7. biasanya kalo negative thinking…berarti pikiran lagi stres alias loba pikiran aka khawatir…

  8. bagi saya berfikiran negatif sah2 aja bu..yang penting action kita yang harus positif….

  9. Icho, mungkin karena dikau trauma dengan hal hal yang tidak menyenangkan dalam hidupmu, so it’s about time to move on…

  10. tapi kadang negative thinking perlu juga, jangan terlalu lugu dan naif memandang sesuatu, karena seringkali kejadian kita dimanfaatin sama orang laen karena “kepolosan” kita memandang sesuatu, asal aksi yang keluar tidak negatif, positif, seperti mbak yukevirlianti bilang.

  11. yukevirlianti said: bagi saya berfikiran negatif sah2 aja bu..yang penting action kita yang harus positif….

    Sah aja ya Mbak Yuke, kalo cuma berpikiran negatif.. tapi sayangnya yang sering terjadi adalah, kalau pikiran negatif actionnya pun ikut negatife.. hehe.. hmmm.. coba ikutin Mbak Yuke deh..

  12. yusys said: biasanya kalo negative thinking…berarti pikiran lagi stres alias loba pikiran aka khawatir…

    Sepertinya demikian nih Teh…. hmm.. mesti refreshing nih.. ke Qatar ah ..

  13. eddyjp said: Icho, mungkin karena dikau trauma dengan hal hal yang tidak menyenangkan dalam hidupmu, so it’s about time to move on…

    Hmm.. bisa jadi ya Pak Eddy…. Thanks ya , semoga saya bisa merubahnya menjadi lebih baik lagi

  14. myhaura said: tapi kadang negative thinking perlu juga, jangan terlalu lugu dan naif memandang sesuatu, karena seringkali kejadian kita dimanfaatin sama orang laen karena “kepolosan” kita memandang sesuatu, asal aksi yang keluar tidak negatif, positif, seperti mbak yukevirlianti bilang.

    Iya Mama Haura…saya sudah mendapatkan banyak manfaat dari sharing hari inidan banyak contoh orang lugu dan naif yang malah di manfaatkan orang ya… ambil hikmahnya deh

  15. TFS mbak Ichoooo..krn suka mengesmpingkan – thinking aku sering kena gtahnya..huhuhuuuhuuu

  16. oetjipop said: TFS mbak Ichoooo..krn suka mengesmpingkan – thinking aku sering kena gtahnya..huhuhuuuhuuu

    sama2 Ci…hihi… gak enak yaaa meskipun kena cuma getahnya….

  17. TFS mba icho..negative thinking emang jadi penyakit pikiran dan hati mba..kalo dipiara bisa gawat banget..tapi sedikit negative thinking sama orang lain wajar kok..ini untuk jaga2 saja spy kita lebih waspada sama orang lain..apalgi yang punya niat jahat sama kita

  18. mutiarasemu said: tapi sedikit negative thinking sama orang lain wajar kok..ini untuk jaga2 saja spy kita lebih waspada sama orang lain..apalgi yang punya niat jahat sama kita

    Bener May.. ini serig banget aku lakukan, kalo pas naik bis sendirian hehe.. takuut

  19. …kalo negative thinking-nya haben wae / kebanyakan mah malah menghabiskan energi 😛 tipis bedanya dengan ‘waspada’……malah ber-positive thinking akan banyak membantu kita kelak, yang jelas energi takkan terbuang begitu saja…hayu atuh, bersama-sama ber-positive thinking 🙂

  20. kawandee said: …kalo negative thinking-nya haben wae / kebanyakan mah malah menghabiskan energi 😛 tipis bedanya dengan ‘waspada’……malah ber-positive thinking akan banyak membantu kita kelak, yang jelas energi takkan terbuang begitu saja…hayu atuh, bersama-sama ber-positive thinking 🙂

    Smoga engga kebanyakan Kang Adi.. iya yuk.. berpositif thinking.

  21. nice post ibu, thnks bgt sangat berguna bagi saya.. saya nambah refrence nih klo ibu dah pernah baca seven habits bla bla?? disitu ada pembahasan tentang cara memperbaiki paradigma. smoga membantu

  22. ahmadkarmila said: nice post ibu, thnks bgt sangat berguna bagi saya.. saya nambah refrence nih klo ibu dah pernah baca seven habits bla bla?? disitu ada pembahasan tentang cara memperbaiki paradigma. smoga membantu

    Sama2 Mas.. , thanks juga referencenya.. 7 Habits bla3x ini bacaan wajib jamannya training abmp di company nih ini…hihi.. jadi dah lupaaaa.. deh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s