Makanan anak Jadul & Sekarang

Dalam rangka hari pangan sedunia, sekolah ( TK ) Della hari Rabu kemarin menganjurkan supaya anak2 bawa bekel makann yang berasal dari umbi-umbian dan kacang-kacangan seperti ubi, singkong, talas, kacang kedelai atau kacang tanah.

Jadi kemaren pagi2 gue coba cari ubi atau singkong deh di tukang sayur, ternyata gak ada yang bawa , duh susah juga ya.. katanya tukang singkong dan ubinya masih lebaran jadi belum pada datang. Cari kacang kedelai dan kacang tanah berkulit juga gak ada. Akhirnya beli jagung aja deh , nanti di rebus dan di pipili.

Waktu gue tanya Della mau gak bawa ubi atau singkong ? Della malah bingung, ubi apaan ? Singkong yang di rumah eyang ?? walah.. salah deh gue selama ini belum pernah ngenalin ubi maupun singkong ke anak gue. Gue bilang ubi itu seperti kentang, bisa di goreng dan bisa di rebus, mau gak ? Ternyata Della gak mau dan kebetulan juga kan gaka ada. Kalo jagung Della biasa makan.Jadi lah jagung rebus pipil di bawa sebagai bekal sekolahnya.

Sampe sekolah ( cerita si teteh sorenya ) ternyata mayoritas teman2 Della bekelnya sama, jagung rebus .. dan alasannya sama yaitu anak2nya gak doyan ubi atau singkong. Hihi.. untung ada juga yang nemenin gue.

Akhirnya semalem di putuskan, kalo hari sabtu kita coba buat makanan isengan ubi atau singkong goreng/rebus atau bikin makanan apalah dengan bahan ubi atau singkong. Jadi inget dulu ibu gue suka bikinin ketimus ( singkong di parut dikasih gula merah , dibungkus daun, terus di seupan), atau juga bikin duh apa namanya lupa.. singkong rebus di iris2 campur kelapa parut. Hiks*.. kenapa terlupakan makanan rakyat jaman dulu yang sehat dan tanpa pengawaet ya..

Advertisements

32 responses to “Makanan anak Jadul & Sekarang

  1. skrg kan dah jaman fast food teh 😀

  2. rinn1 said: skrg kan dah jaman fast food teh 😀

    untungnya anak2 mah gak teteh biasain makan fast food. krn teh juga gak doyan

  3. Hehehe.. padahal singkong goreng dan rebus itu uenaakk ya.. Palagi klo anget2..Nabiel jg suka tuh jagung rebus yg dipipil + keju + susu 🙂

  4. kartikaihsan said: Hehehe.. padahal singkong goreng dan rebus itu uenaakk ya.. Palagi klo anget2..Nabiel jg suka tuh jagung rebus yg dipipil + keju + susu 🙂

    sama dong.. ibu seno juga suka.. tapi di tambahin saos sambel dikit.. beli di mall yaa.. :))

  5. ibu, memang sudah saatnya kita (ato barangkali cuma saya yang belum sadar ya?) kurangi konsumsi nasi sebagai pangan pokok. sudah saatnya sadar nasi itu=bubur=lontong=ketupat=ubi=jagung=sagu. sebagai contoh kita harus sadar bahwa keripik atau conro itu adalah pengganti nasi bukan sekedar camilan hehehehe… ah ngacaprak we ieu mah :))

  6. anak2 sekarang tahunya bread talk…hahahatp anak2ku biasa makan singkong & ubi..digoreng biasanya

  7. dudiherlianto said: ibu, memang sudah saatnya kita (ato barangkali cuma saya yang belum sadar ya?) kurangi konsumsi nasi sebagai pangan pokok. sudah saatnya sadar nasi itu=bubur=lontong=ketupat=ubi=jagung=sagu. sebagai contoh kita harus sadar bahwa keripik atau conro itu adalah pengganti nasi bukan sekedar camilan hehehehe… ah ngacaprak we ieu mah :))

    hidup comro.. !!..jadi pengen comro nih…

  8. bunda2f said: anak2 sekarang tahunya bread talk…hahahatp anak2ku biasa makan singkong & ubi..digoreng biasanya

    iya nih.. bikin untung orang yg udah kaya aja yaaasekali2 bikin petani jadi kaya dong yaaa

  9. ‘”mbu mo bekel burger besok buat sekolah….. “Halaghhhh……

  10. tehtina said: ‘”mbu mo bekel burger besok buat sekolah….. “Halaghhhh……

    ini juga bekel seno hampir tiap hari Teh… kapan ya bisa ngebekelin Seno combro ..

  11. waduh jeng.. harus cepat dikenalin tuch.. anak-anakku mach doyan singkong rebus + goreng, ubi goreng…

  12. imahartanto said: waduh jeng.. harus cepat dikenalin tuch.. anak-anakku mach doyan singkong rebus + goreng, ubi goreng…

    Iya nih Mbak Ima..untung di ingetin sama hari pangan.Sabtu besok mo coba deh .. kalo pop corn sih nyaris 2 hari 1x goreng … jadi gak berebutan lagi ama mbak Ima di ikasi :))

  13. ibuseno said: kalo pop corn sih nyaris 2 hari 1x goreng … jadi gak berebutan lagi ama mbak Ima di ikasi :))

    lagi banyak cemilan di rumah jadi popcorn dari ikasi libur dulu nich 😀

  14. ibuseno said: hidup comro.. !!..jadi pengen comro nih…

    hihihi…karunya teh icho! baru ajah tadi siang daku makan comro, dpt beli di si mang gorengan di sekolah anakku…enyak loh… 😀

  15. tehtina said: ‘”mbu mo bekel burger besok buat sekolah….. “Halaghhhh……

    sammmmmma … :p

  16. fadhilaharif said: hihihi…karunya teh icho! baru ajah tadi siang daku makan comro, dpt beli di si mang gorengan di sekolah anakku…enyak loh… 😀

    ngabibita wae… alungkuen atuh.. !!

  17. untung assistant di rumah paling hoby makan singkong dan ubi, jadi sering ada kolak dan combro dari bahan itu. Medi udah tau dari kecil sama makanan itu, masalahnya dia kurang suka, paling cuma sesuap/segigit aja, jadi tetep aja…..

  18. iya budayakan makanan desa bu…makanan menyehatkan…meyenangkan…. yummmyyy

  19. tahu di patenkan oleh negara jepang…..jadi emang sehat loh….

  20. hmmm jagung rebus itu juga makanan fav Viany lohhh !!Dia suka rebutan ma omanya hehehehehe..Coba bikinin Obi deh. Kan enak tuh.Obi = makanan dr ubi yg digoreng bentuknya kek bola pingpong tp tengahnya bolong & rasanya manis. —-> hmmmm yummmy loh!! Viany juga doyan.

  21. mamamedy said: untung assistant di rumah paling hoby makan singkong dan ubi, jadi sering ada kolak dan combro dari bahan itu. Medi udah tau dari kecil sama makanan itu, masalahnya dia kurang suka, paling cuma sesuap/segigit aja, jadi tetep aja…..

    Asistennya kreatip ya… asik juga punya asisten gituasisten ku waktu bulan puasa kemaren bikin kolak ubi rasanya malah ancuuurrrPernah beli gorengan ke si emang yg lewat , Seno & Della ber hub gak pernah beli jajanan yg lewat jadi gak mau makan

  22. yukevirlianti said: iya budayakan makanan desa bu…makanan menyehatkan…meyenangkan…. yummmyyy

    Betuuul…. sakantenan seupan cau uli enak juga ya teh..

  23. salakadomas said: tahu di patenkan oleh negara jepang…..jadi emang sehat loh….

    hahal.. naon deui nu dipatenkeun ku nagara batur.. lama2 singkong, ubi, tales ge di patenkeun ku baturTahu .. Della sudah doyan, Seno belum hiks*

  24. p1277y said: hmmm jagung rebus itu juga makanan fav Viany lohhh !!Dia suka rebutan ma omanya hehehehehe..Coba bikinin Obi deh. Kan enak tuh.Obi = makanan dr ubi yg digoreng bentuknya kek bola pingpong tp tengahnya bolong & rasanya manis. —-> hmmmm yummmy loh!! Viany juga doyan.

    Saya juga suka rebutan jagung di sayur asem sama Della dan asisten hehe.. makanya kalo nyayur asem jagungnya dibanyakinUbinya di goreng trus di ancurin dulu teh ??kaya donat ubi gitu ??

  25. halo.. mbak… akhirnya bs mampir juga… kmrn itu kok ya susah banget masuknya….kalo anakku sih doyan tuh singkong goreng…. krn kalo pulang sekolahkan kan dia ‘ngepost’nya di rumah ortu-ku… Jadi alhamdulillah kenal lah sm makanan tradisional model gitu.. 😀

  26. idasyah said: halo.. mbak… akhirnya bs mampir juga… kmrn itu kok ya susah banget masuknya….kalo anakku sih doyan tuh singkong goreng…. krn kalo pulang sekolahkan kan dia ‘ngepost’nya di rumah ortu-ku… Jadi alhamdulillah kenal lah sm makanan tradisional model gitu.. 😀

    susah kenapa ? macet ya jalannya hehehiks*.. nakku masih gak doyan juga… kemaren sabtu di coba bikin ubi goreng dan ibu rebus, di coba dikit malah gak mau lagi..

  27. Duh, jadi kebayang musim hujan gini enak banget ubi goreng, combro, misro…iya ya anak sekarang kok pada nggak doyan begitu-an, padahal aku masih sering sediain bu…

  28. gokusukmaryuki said: Duh, jadi kebayang musim hujan gini enak banget ubi goreng, combro, misro…iya ya anak sekarang kok pada nggak doyan begitu-an, padahal aku masih sering sediain bu…

    gak musim ujan juga tetep enak Mbak :))jam 3-an laper.com nih

  29. anakku juga kurang doyan makanan kaya gitu…kenapa yah Mbak? padahal kan eunak banget

  30. heradyatmiko said: anakku juga kurang doyan makanan kaya gitu…kenapa yah Mbak? padahal kan eunak banget

    mungkin kita gak sering ngenalin makanan ginian kali Mbak.. jadi anak2 kita gak terbiasa hihi.. dah di paksa makan ubi masih gak mau juga

  31. Hi! Salam kenal yah …

  32. bentostore said: Hi! Salam kenal yah …

    hai, salam kenal juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s