Tamu tak diundang

Kebiasaan di rumah gue pintu baru di tutup resmi selalu diatas jam 12 atau sesuai jam tidurnya Bapa Seno. Jadi kalo belum tidur pintu masih ngajeblag dan lampu masih ngagenclang. Jadi kalo ada tamu yang gak di undang datang, ya kita susah untuk menyalahkan tamunya ya.. soalnya pintu masih terbuka dikira masih mau terima tamu. Seperti kejadian jumat malam lalu sekitar jam 11 malem, gue lagi asik nonton tv, tiba2 bunyi pintu pager kebuka ( emang blm dikunci juga) dan sudah ada teriakan kecang “Assalamualaikum .. “. Gue lihat ada bapak2 setengah bapak datang sambil bawa gembolah besar, keliatannya sih berisi dagangan, tentu aja gue bingung dan bengong2 sampe si bapaknya bilang “ jangan takut neng saya bukan orang jahat”.. ya udah gue suruh duduk aja di depan.. dan bapak tersebut dengan volumen suara yang cukup keras mulai ngomong dengan logat sunda basa basi ngasih tahu bahwa dia berasal dai Bandung, jualan bersama rombongan sekitar 5 orang dan dia kesasara gak ketemu rombongannya. Sedagkan dagangannya belum laku, jadi dia mint ague beli dagangannya dia .. hmm.. koq gue dan bapa seno jadi inget kejadian satu tahun lalu, dan kejadiannya juga persis di bulan puasa. Modus, introduction bicara, nada suara.. nyaris sama. Cuma muka orangnya aja yg gue gak hapal lagi. Kalo setahun lalu berhubung gue ngerasa sesame orang sunda, gue dan suami kemudian kasih ongkos aja ala kadarnya meskipun barangnya gak kita beli ( dulu jualan sandal atau apa ya lupa lagi ). Tapi waktu itu orang tersebut gak puas dan minta tambahan lagi, lalu akhirnya gue telp pak RT yang kebetulan rumahnya di depan rumah gue, dan berhasil dikasih pengertian sama pak RT untuk segera pergi karena sudah malem juga.

Kali ini koq gue males dan gak mau kejadian lalu terulang ya, jadi ketika tamu etrsebut baru ngomong sedikit, gue langsung bilang, “ieu nu biasa tea ? nu sasih saum tahun kapungkur kadieu oge ? bade nyuhunkeun artos kanggo wangsul ??”

Eh dia kaget dan ngotot bilang bukan, tapi gue tetep males dengernya.. (jahat ya ).. jadi gue bilang aja.. “oh punten upami sanes mah, tapi upami bapa bade icalan ke wae enjing ka dieu deui nya.. , punten ieu tos wengi abdi bade sare heula.. bilih kaberuangan saur “.

Dia masih we diem di depan pintu , gue cuekin aja.. pergi juga akhirnya, .. sambil nutup pager dan pintu2.. gue mikir.. jahat gak sih gue sama orang itu.. Cuma sedikit kesel aja jualan koq malem2 .. ganggu orang itu mah namanya.. tapi seandainya emang itu orang yang nyasar dan lagi kesusahan.. hiks*… gue nyesel !

Advertisements

18 responses to “Tamu tak diundang

  1. tapi teu tiasa nyalahkeun ibu seno oge….pan di endonesa mah susah membedakan mana nu jujur mana nu heuteu…..bawaanna curiga wae…soalna banyak penipuan seh….

  2. Muhun Teh Yusy..da hese ngabedakeun jalma nu leres sareng teu leres mah.. komo deui di jakarta.. jadi hapunten we sanajan sami2 urang sunda jadi kitu abdi..

  3. ari saur abdi mah si bapa eta memang icalan, ngan memang lain wayah lain usum alias waktuna teu pas.. tapi jigana mah memang ngahaja milih waktuna wengi, jadi gampang alesan kawengian atanapi kesasar.. kaleresan abdi pernah oge gaduh pengalaman siga teh Icho..

  4. duhhh jam 11 malem… ganggu org aje dehhh..tp emg bnr lhhoo mbak di kompleks aku klo tiap bln puasa pasti dehh ada org yg minta sumbangan or nawar2in sesuatu… orgnya mesti sama… kayanya sihh ini rutinitas menjelang lebaran deh..:-)

  5. badrudin said: ari saur abdi mah si bapa eta memang icalan, ngan memang lain wayah lain usum alias waktuna teu pas.. tapi jigana mah memang ngahaja milih waktuna wengi, jadi gampang alesan kawengian atanapi kesasar.. kaleresan abdi pernah oge gaduh pengalaman siga teh Icho..

    Hmm.. kitu nya kang Badru.. aya weee trik jalmi neangan duit teh.. mugi2 we upami abdi nu salah di hampura ku Gusti Alloh.

  6. oetjipop said: duhhh jam 11 malem… ganggu org aje dehhh..tp emg bnr lhhoo mbak di kompleks aku klo tiap bln puasa pasti dehh ada org yg minta sumbangan or nawar2in sesuatu… orgnya mesti sama… kayanya sihh ini rutinitas menjelang lebaran deh..:-)

    hiks*.. begitulah ya Mbak Uci.. gak di Jakarta gak di Semarang.. podho waejaman makin susah kali yaa.. jadi susah juga untuk ngertiin perasaan orangsemoga kita makin hati2 deh

  7. iihhh…malem2 ada2 aja ya…untung nggak dirampok ya mbak..

  8. ampoooooooooooooon, berasa deja vu, belajar basa sunda dari sd kelas 4 ampe smp kelas tiga.hejo ngagedodbeureum euceuybodas ngeplakgw digeplak

  9. Haduh mbak lagian kalo tengah malem begitu mah….ati ati ah..Bisi aya nanaon… :p

  10. bunda2f said: iihhh…malem2 ada2 aja ya…untung nggak dirampok ya mbak..

    Smoga engga lah Mbak.. lingkunganku juga cukup ama dan deket ama tetangga.. smoga selamanya dijauhin dari rampok hehe

  11. jarangtulis said: ampoooooooooooooon, berasa deja vu, belajar basa sunda dari sd kelas 4 ampe smp kelas tiga.hejo ngagedodbeureum euceuybodas ngeplakgw digeplak

    hihi.. maaf ya jeng gogo… abis suka susah nyari kosakata bahasa Indotapi saya juga gak ngerti apa itu hejo ngagedod beureum euceuy… lieurrrr

  12. lisadianty said: Haduh mbak lagian kalo tengah malem begitu mah….ati ati ah..Bisi aya nanaon… :p

    iya euy Teh Lisa.. saya juga rada paur dan sieun sebenernya.. tapi ada teu teganya juga.. skrng mah pintu2 segera di kunci deh kalo malem

  13. lucu euy si teh Icho …Wanian ka si Bapak …Lamun sayah mah teu tegaan, disuruh masuk, dikasih minum, basa basi dan dadah … (itu dulu .., huehuehue, sekarang mah lebih hati2)Tapi, kalo yang datang jelas2 sales yang nawarin barang, langsung kami tolak.

  14. d0d0lgarut said: lucu euy si teh Icho …Wanian ka si Bapak …Lamun sayah mah teu tegaan, disuruh masuk, dikasih minum, basa basi dan dadah … (itu dulu .., huehuehue, sekarang mah lebih hati2)Tapi, kalo yang datang jelas2 sales yang nawarin barang, langsung kami tolak.

    Saya ge mula2 mah rada sieun kang yana.. cuma ketika bapa seno nu galak tea wanian.. jadi we ikutan wanisebenernya saya ge gak tega kang .. karunya ka si bapa, mikir oge kumaha kalo dulur saya juga di kitukeun ku batur.. tapi mikir oge… males ribut spt tahun lalu ..

  15. teganyah…teganyah…teganyah…teganyah….!!!1000x hihihi…..

  16. cepdedentoni said: teganyah…teganyah…teganyah…teganyah….!!!1000x hihihi…..

    empat nya.. limanya.. enamnya… hiks*.. kumaha atuh

  17. teu salah2 teuing teh icho..wajar ajah diusir, sing kira2 we jualan tengah malem.kalo emang eta bp jelema bener atuh moal mengganggu orang wayah kitu. kan bisa atuh numpang heula di masjid,baru besoknya minta tolong k warga…. hati2 ah teh icho…saiki jamane jaman edyaaaaann…

  18. fadhilaharif said: teu salah2 teuing teh icho..wajar ajah diusir, sing kira2 we jualan tengah malem.kalo emang eta bp jelema bener atuh moal mengganggu orang wayah kitu. kan bisa atuh numpang heula di masjid,baru besoknya minta tolong k warga…. hati2 ah teh icho…saiki jamane jaman edyaaaaann…

    hatur nuhun Bunda Ipat .. teu disalahkeun abdina.. hehe..da ku saya oge tos di piwarang di bapa eta, sok pak kalo kemaleman mah ka pak rt we heula

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s