Bagaimana Trik menulis cepat ?

Selama Seno kelas 2 ini, gue sudah dapet 2x peringatan dari Ibu Tami, guru kelasnya Seno bahwa Seno itu menulisnya sangat lambat. Jadi saat teman2 Selesai nulis bahkan sudah keluar kelas karena bel pulang bunyi, Seno masih asik nulis. Jadilah bu Tami nungguin Seno dan akibatnya gak nganter anak2 lainnya keluar kelas dan salaman seperti kebiasaan guru2 lainnya.

Teguran pertama kali bulan lalu gue sikapi dengan masih ngasih toleransi ke Seno karena mungkin baru kali ini wajib menulis pake huruf sambung dan belum terbiasa. Tapi teguran ke dua kali ini buat gue sudah gak ada lagi toleransi untuk Seno, dia harus sudah berubah total dan bisa mengatasi keterlambatannya. Gue coba tiap malam latihan nulis ataupun mengerjakan PR dengan cara di kasih waktu ( ikutin metodenya kumon ). Hasilnya sedikit berubah.. satu minggu Seno sudah bisa menyesuaikan nulisnya sesuai dengan waktu yang ditentukan bahkan bisa lebih cepet. Sayangnya kemajuan belajar di rumah gak sama dengan di sekolah. Gue Tanya ke Ibu Tami ( via agenda maupun cek ke teteh yang nungguin pulang sekolah ) ternyata Seno masih selalu terlambat nulisnya. Gue kasih sangsi ke Seno gak boleh main game.. eh .. percuma aja.. lambat lagi . late again.. bingung deh gue.. kira2 trik apa lagi yang mesti gue pake..

Gue Tanya ke Seno masalahnya apa sih koq nulisnya lambat.. apa karena tulisan bu guru gak jelas ? mau pindah duduk di depan ?? Seno bilang tulisan bu guru jelas, dan dia gak mau pindah di depan, apalagi tepat di depan meja guru ( hihi.. dulu gue juga paling males dapet posisi gini.. ). Pengen nanya sama nyokap or kakak2 gue yang guru SD juga sih, Cuma lupa terus, kalo pas nelpon.. kali2 aja mereka punya solusi.

Atau ada yang mau kasih solusi ?? nuhun pisan..

Advertisements

10 responses to “Bagaimana Trik menulis cepat ?

  1. Mba Icho …masalah nulis cepat, mungkin jadi problem bagi sebagian besar anak ..dulu saya juga pernah ngalamin… akhirnya solusinya tiap hari saya latihan dikte sama ibu saya…jadi ibu saya dikte, dan saya nulis, … ya akhirnya sih cepat juga tapi tulisannya berantakan..begitu nyalin catatan dari papan tulis, lumayan cepat..mungkin juga harus di teliti/amati dulu penyebab lambatnya…coba Seno diintip kegiatan dikelasnya..apakah dia tidak konsen, banyak gangguan ( mis : temen ngajak ngobrol / main, atau dia sibuk sendiri ) dulu saya punya teman yang suka ngajak ngobrol… saya semangat ngobrol sama dia, tapi ketika pelajaran selesai.. saya ketinggalan catatan…atau ada masalah dengan penglihatan/ duduknya terlalu belakang,…atau ibu gurunya yang tulisannya terlalu kecil.., atau bisa juga dia sulit membaca tulisan si ibu guru. nah klo penyebabnya udah ketahuan… pasti gampang cari solusinya..

  2. oh iya…baru inget…bisa juga gini Mba : si Seno di beliin buku cerita yg pendek ( kan ada tuch 1 buku, isi nya banyak cerita pendek /cerpen yg ada gambarnya juga )nah, si Seno, latihan nyalin/copy isi buku tsb ke buku kosong buat latihan…dan coba kasih insentip berupa hadiah (oleh2 roti ) ataupun pujian jika Seno rajin dan cepat menyalinnya…apalagi klo kalimat salinannya persis spt cerpen dibuku tsb.boleh 1 hari satu judul aja…. dan minta pembantu di rumah agar bantu awasi Seno belajar nyalin di jam blajarnya..

  3. mungkin gak seno perfectionist mbak? jadi itu tulisan mesti rapi-jali dan ditulis dengan amat sangat ati2…

  4. mbak Icho,ponakan aku juga lelt tuhhh nulisnya ekt SD.. dicari penyebabnya ga ketemu juga..dilatih nulis ya udah… trus lama2 ketauan ternyata ni anak kudu oake kaca mata krn matanya minus.. stl pake kacamata jd cepet dehhh nulisnya..rupanya lamanya gara2 matanya ga jelas … tapi ya itu gak mo ngaku tuh sebelumnya…smoga Seno gak kaya ponakanku yaaa smoga Seno hanya males2an aja..

  5. papasteven said: Mba Icho …masalah nulis cepat, mungkin jadi problem bagi sebagian besar anak ..dulu saya juga pernah ngalamin… akhirnya solusinya tiap hari saya latihan dikte sama ibu saya…jadi ibu saya dikte, dan saya nulis, … ya akhirnya sih cepat juga tapi tulisannya berantakan..begitu nyalin catatan dari papan tulis, lumayan cepat..mungkin juga harus di teliti/amati dulu penyebab lambatnya…coba Seno diintip kegiatan dikelasnya..apakah dia tidak konsen, banyak gangguan ( mis : temen ngajak ngobrol / main, atau dia sibuk sendiri ) dulu saya punya teman yang suka ngajak ngobrol… saya semangat ngobrol sama dia, tapi ketika pelajaran selesai.. saya ketinggalan catatan…atau ada masalah dengan penglihatan/ duduknya terlalu belakang,…atau ibu gurunya yang tulisannya terlalu kecil.., atau bisa juga dia sulit membaca tulisan si ibu guru. nah klo penyebabnya udah ketahuan… pasti gampang cari solusinya..

    – latihan dikte. juga sudah sering, cuma selalu di iringi ” apa tadi bu.. apa tadi bu”,, mungkin harus lebih intenst lagi ya- Penyebab lainnya keliatannya krn dia gak konsen, pernah kita ngintip di kelasnya, Seno lagi asik main mobil2-an pake tempat pinsilnya.. kalo ngobrol ama temen mah jarang, dia lebih asik main dan ngayal sendiri keliatannya – masalah penglihatan ya.. ( sempet kepikir juga ) krn ada sepupunya Seno juga ngalamin hal ini dan ternyata mesti pake kacamata.. plus lagi- kalo tulisan Bu Tami keliatannya bagus dan bisa kebaca sih, cuma sering nulis pake singkatan aja hehethanks ya papasteven, detil banget deh.. maklum istrinya ngajar yaaa

  6. fiana said: mungkin gak seno perfectionist mbak? jadi itu tulisan mesti rapi-jali dan ditulis dengan amat sangat ati2…

    hihi.. Dhe.. mending kalo udah lelet hasil tulisannya rapi jali.. ini mah sami mawon.. standar2 aja . pdhal gue mah gak nuntut perfect.. da guenya juga gak perfect hehe

  7. oetjipop said: mbak Icho,ponakan aku juga lelt tuhhh nulisnya ekt SD.. dicari penyebabnya ga ketemu juga..dilatih nulis ya udah… trus lama2 ketauan ternyata ni anak kudu oake kaca mata krn matanya minus.. stl pake kacamata jd cepet dehhh nulisnya..rupanya lamanya gara2 matanya ga jelas … tapi ya itu gak mo ngaku tuh sebelumnya…smoga Seno gak kaya ponakanku yaaa smoga Seno hanya males2an aja..

    Mbak Uci.. Aku juga sempet curiganyanya gitu, secara kakak sepupu seno juga waktu Sd ada yang gituaku coba test baca jarak jauh dulu deh, kalo ternyata mencurigakan aku ajak ke dokter matasemoga sih emang gak ada apa2dan semoga malesnya seno cepet hilang deh mbak

  8. ibuseno said: – latihan dikte. juga sudah sering, cuma selalu di iringi ” apa tadi bu.. apa tadi bu”,, mungkin harus lebih intenst lagi ya- Penyebab lainnya keliatannya krn dia gak konsen, pernah kita ngintip di kelasnya, Seno lagi asik main mobil2-an pake tempat pinsilnya.. kalo ngobrol ama temen mah jarang, dia lebih asik main dan ngayal sendiri keliatannya – masalah penglihatan ya.. ( sempet kepikir juga ) krn ada sepupunya Seno juga ngalamin hal ini dan ternyata mesti pake kacamata.. plus lagi- kalo tulisan Bu Tami keliatannya bagus dan bisa kebaca sih, cuma sering nulis pake singkatan aja hehethanks ya papasteven, detil banget deh.. maklum istrinya ngajar yaaa

    nah, kayanya seno perlu latihan konsentrasi nih…masalah main sendiri dikelas, saya juga dulu ngalamin.. persis kaya seno…main mobil mobilan pakai tempat pensil… bahkan dulu main pesawat terbang pakai pulpen dan penggaris…klo udah asik.. wah lupa semua deh…kayanya imajinasi seno sedang berkembang nih, bagus .. (cuma klo bisa jangan saat pelajaran.).

  9. Wah persis adekku nih waktu SD dulu.. udah males nulis, klo nulis lamaaa, dan hasilnya acakadut bgt. Tp emang waktu itu umurnya kurang sih.. Tp seingetku lama2 kekejar koq ketinggalannya.Cuma sampe skrg tulisannya masih cakar ayam, susah bacanya. Emang sih ada yg bilang klo anak laki krg telaten dr anak perempuan..

  10. kartikaihsan said: Wah persis adekku nih waktu SD dulu.. udah males nulis, klo nulis lamaaa, dan hasilnya acakadut bgt. Tp emang waktu itu umurnya kurang sih.. Tp seingetku lama2 kekejar koq ketinggalannya.Cuma sampe skrg tulisannya masih cakar ayam, susah bacanya. Emang sih ada yg bilang klo anak laki krg telaten dr anak perempuan..

    iya mudah2an aja nanti Della tulisannya lebih bagus dari senodan nulisnya lebih cepet.. supaya ibunya gak bosen nungguin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s