Makin tua makin susah untuk belajar ?

Bener gak kata2 ? apa ini Cuma berlaku untuk gue aja ? .

Beberapa hari terakhir ini gue coba baca2 tentang UML(Unified Modeling Language) dan cara bikin TSD ( Technical Spesification Design ),belajar sendiri aja dan coba2 lihat contoh2 yang dikasih sama temen2 dari intimedia, tapi koq ya gak ngerti2.. hiks*.. akhirnya dengan dibantu oleh papasteven yang kirim artikel mengenai UML di cist-km portal, gue sedikit ngerti deh, dan mulai coba2 buat domain modelnya dulu. Gak tahu bener apa engga, yang penting di coba.

Apa iya ya semakin tua, semakin susah or lambat untuk mencerna pengetahuan baru. Jaman kuliah dulu kayanya matematika integral cacing 3, microprocessor, aljabar linier itu masih gampang gue beresin. Jauh banget bedanya sama anak2 yang masih fresh graduate, gue lihat mereka masuk belum ngerti apa2 dan sekarang koq cepet banget dan bisa macem2. mungkin speed gue yang kurang ?? atau sudah gak focus lagi ?. tapi untungnya yang gak hilang di diri gue adalah semangatnya., semangat untuk cari sesuatu yang baru, atau semangat untuk cari ilmu gak pernah hilang dari diri gue, gak peduli dan gak malu deh kalo pernah ikut training sekelas bareng sama junior2. ( inget waktu training C#.net 2005 yang paling tua dan yang paling gak ngerti itu gue hehe. ). Untungnya environment di kantor gue lumayan enak. Yang dah jago2 masih mau sharing knowledge ( kalo mereka gak sibuk). Terutama yang junior dan jago.. selalu siap dan bantu kalo gue nanya2 ke mereka ( apa karena takut anceman gue ya ?? )

Yang penting, ngutip tulisannya Andre Wongso.. Hidup Sampai Tua, Belajar Sampai Tua

Advertisements

6 responses to “Makin tua makin susah untuk belajar ?

  1. sama mbak,ajku ajah belajar linux maksudnya dari windos ke linux,pusiiiiiinggg……capek dehhh,tapi harus bisa,secara sekarang udah nggak make windows lage…..belajar mah kagak ade matinyeeeee

  2. mungkin lagi banyak pikiran ya Mba …sejujurnya hal ini juga terkadang muncul pula dipikiran saya.tapi emang dunia IT ini cepat sekali berkembangnya…sedangkan bagi kita yang udah berkeluarga, waktu di rumah adalah milik keluarga…sulit juga untuk meluangkan waktu untuk belajar… ( beda sama temen2 yg masih muda dan blum bekeluarga ), bahkan saya punya temen yg blum mau bekeluarga sebelum umurnya diatas 40 thn lho… dia bilang masih banyak yg mau dipelajari, dan takutnya nanti banyak halangan bagi dia untuk belajar…tapi saya akan berusaha terus agar selalu update deh… n sharing bersamatogether we can….

  3. atun87 said: sama mbak,ajku ajah belajar linux maksudnya dari windos ke linux,pusiiiiiinggg……capek dehhh,tapi harus bisa,secara sekarang udah nggak make windows lage…..belajar mah kagak ade matinyeeeee

    Iya Mbak Atun.. aku kalo belajr linux malah jadinya pegal linux hehe. tapi bapanya Seno wah.. nge-fans banget sama Linux.. dia nati product microsoft deh.. betulll… jangan sampe mati semangat belajar ya Mbak..

  4. rinirusli said: tetap semangat!

    Tuntan kan wajib belajar !! ( nah loe.. )

  5. papasteven said: mungkin lagi banyak pikiran ya Mba …sejujurnya hal ini juga terkadang muncul pula dipikiran saya.tapi emang dunia IT ini cepat sekali berkembangnya…sedangkan bagi kita yang udah berkeluarga, waktu di rumah adalah milik keluarga…sulit juga untuk meluangkan waktu untuk belajar… ( beda sama temen2 yg masih muda dan blum bekeluarga ), bahkan saya punya temen yg blum mau bekeluarga sebelum umurnya diatas 40 thn lho… dia bilang masih banyak yg mau dipelajari, dan takutnya nanti banyak halangan bagi dia untuk belajar…tapi saya akan berusaha terus agar selalu update deh… n sharing bersamatogether we can….

    Iya.. ya Thanks banget sharingnya.. Thanks juga e-books2 dan tulisan di cist-kmnya cukup mbantu hehe40 dah susah ?? waduh…. jangan sampe deh yaaaaminum cerebrovot lagi kali yaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s