Jajan

Waktu mau berangkat kerja, Della bisikin gue “Bu.. nanti Della minta uang ya buat jajan “ ?? lhoo… kaget juga gue selama ini gak pernah ngasih uang jajan sama Della mapun Seno. Gue Tanya lagi.. “Ade siapa yang ngajarin jajan ? emang jajan itu enak ? mo jajan apa sih ?? ..

“Mau jajan permen, temen Della juga beli permen di sekolah”

“Oh ya udah, Della gak usah beli permen di sekolah ya.. ini ibu kasih permen punya ibu aja..( sambil gue ambilin fox fruit dari kaleng permen ).. Della gak boleh jajan, Mas Seno aja gak pernah jajan koq.. makanan di luar itu kotor de.. jadi jijik ya maemnya..

Untung Della nurut, biasanya anak perempuan gue satu ini keras kepala banget.

Hmm.. jadi curiga sama si teteh2 nya nih jangan2 mereka juga biasa jajan. Padahal gue gak pernah ngebiasain anak2 gue untuk jajan, dari sejak Seno kecil juga gak pernah dikasih jajanan or jajan sendiri ke warung2 deket rumah, kalo ada tukang makanan lewatpun Cuma tukang bakwan malang aja yang suka di stop dan kita makan bareng2.

Sempet waktu kakak gue dan anaknya nginep di rumah, berhubung kakak gue itu dari dulunya suka banget jajan jadi walhasil anaknya juga doyan jajan.. trus Seno ditawarin jajajan sama kaka gue itu, untungnya Seno selalu inget nasehat ibunya.. Seno gak mau, dan kasih alasan makanannya kotor.. ( hiks*.. jadi terharu ternyata anak gue nurut).

Kakak gue rada salut sama gue yang bisa bikin anaknya gak doyan jajan, karena akhirnya dia ngerasain berat ngeluarin uang jajan untuk anaknya yang umur 7tahunan itu sehari bisa lebih dari 10.000. padahal anaknya ada 3 hihi..

Trus.. gue juga sempet di komplain sama eyang Seno, katanya takut kasihan Seno di sekolah liat temen2nya jajan trus Seno Cuma liatin aja… gue bilang gak apa2 yang Seno gak liatin aja koq. Kan Seno juga bawa bekel dari rumah.. di rumah juga banyak makanan koq.. kalo mau ngemil udah di sediain, tiap minggu aku ke supermarket beli makanan anak2. atau bikin makanan anak2..

N’.. gue juga pernah di komplain sama temen katanya anak perlu dikasih kepercayaan pegang uang supaya anak bisa ngelola uangnya dengan baik sejak dini. Tapi kayanya gue belum bisa ngasih uang ke anak gue saat ini meskipun tiap hari di tasnya ada uang emergency 5000-an (2) buat bekel kalo tiba2 Seno haus dan bekel minumnya habis dia gue suruh beli Aqua..tiap hari gue cek kalo uangnya berkurang gue Tanya dia beli apa.. kadang juga di beliin mainan deket sekolahnya , mainan murah2 gitu.. gak apa2.. yang penting Seno kasih tahu gue..

Untuk ngasih uang khusus , Seno baru di kasih uang 10.000 ( itupun buat di simpan bukan buat jajan ) sebagai reward kalo hasil ulangannya Seno dapet 100. kalo dpt 90 dapet rp. 5.000.. dibawah 90 gak dapet apa2 hehe. .. dan uangnya itu disimpen di dompetnya Seno, jadi kalo pas ke supermarket Seno pengen beli apapun pake uangnya gak apa2.. malah sempet beliin hadiah ultah bapanya pake uangnya sendiri .. ( jadi malu gue aja gak beliin kado apa2 )

Trus… ada juga temen gue yang lebih senior ngasih tahu bahwa anak perlu dikenalkan uang supaya gak ketipu ketika anak mulai bisa beli sesuatu..

Hmm.. untuk trik ngasih tahu nilai uang kebetulan gue pernah nyetak beberapa jenis uang dari sitenya www.bi.go.id , trus gue print beberapa lembar pake printer color, and gue gunting dan kasih ke Seno dan Della.. wah.. mereka seneng banget.. serasa punya uang sendiri.. dan mereka main rumah2an sambil jadi pedagang dan pembeli, gue kasih tahu nominal masing2 uang tersebut.. berhasil tuh.. mereka lama2 tau sendiri nilai nominal uang..

Hmm.. jadi intinya.. tetep gue berpegang teguh bahwa ngasih jajan pada anak lebih banyak buruknya dari pada baiknya. Next time mungkin kalo Seno or Della sudah SMP.. gue kasih bekel uang, tapi tetep gue kasih pengertian baik dan buruknya jajan di luar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s